Mengenal Lebih Jauh Tentang Mioma Uteri

Selamat dan selamat berkunjung diwebsite kami yang selalu memberikan informasi kesehatan tentang berbagai jenis kategori, Nah dalam kesempatan kali ini kami sebagai anggota penulis akan membahas artikel tentang “Mengenal Lebih Jauh Tentang Mioma Uteri” bagi anda para wanita maupun para laki laki silahkan ketahui lebih jauh tantang penyakit miom agar anda bisa terhindar dari penyakit miom, Terutama bagi para wanita wajib mengetahui ini, karena penyakit mioma uteri hanya bisa tubuh di rahim wanita, siklahkan simak dibawah ini Mengenal Lebih Jauh Tentang Mioma Uteri.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mioma Uteri

Mioma uteri atau yang sering dikenal dengan miom adalah istilah medis untuk tumor yang tumbuh pada dinding rahim. Tumor Mioma Uteri berasal dari otot dinding rahim yang berubah menjadi tumor dan menempel di otot dinding rahim tersebut. Berukuran sebesar kacang polong sampai sebutir angggur, Mioma Uteri kenyal dan bisa tumbuh menjadi tumor dinding rahim (kista) cepat atau lambat.

Mioma Uteri dalam bahasa ilmiah di sebut juga dengan fibriMioma Uteria,leioMioma Uteria atau uterine fibroid adalah penyakit tumor jinak yang terdapat di dalam rahim dan sering muncul pada wanita yang sedang mengalami masa subur atau usia reproduksi. Mioma Uteri ini tumbuh secara perlahan dan tidak diketahui oleh penderitanya, dan biasanya diketahui setelah berusia akhir 30an dan 40 tahun.

Gejala Dari Penyakit Mioma Uteri Diantaranya:

  • Nyeri diperut atau di pinggul
  • Perut terasa penuh
  • Nyeri saat melakukan hubungan intim dengan pasangan
  • Sering mengalami anemia ketika haid karena banyak kehilangan darah
  • Seperti adanya penekanan pada panggul
  • Infertilitas atau keguguran
  • Konstipasi (sembelit)
  • Terjadi perdarahan yang mengeluarkan banyak darah baik ketika masa menstruasi atau pun di luar menstruasi
  • Terjadi penekanan pada saluran indung telur yang membuat seorang wanita susah hamil
  • Ada perasaan kenyal di bagian bawah perut dekat rahim
  • Mengalami gangguan susah BAB dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena adanya pembengkakan pada tangkai tumor
  • Penekanan juga dapat terjadi di bagian kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya.

Penyebab Munculnya Mioma Uteri

Hingga kini, penyebab kemunculan Mioma Uteri masih belum diketahui. Kemunculan kondisi ini dikaitkan dengan hormon estrogen (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium). Biasanya Mioma Uteri muncul pada usia sekitar 16-50 tahun, saat kadar estrogen dalam diri wanita sedang tinggi-tinggnya. Setelah mengalami menopause, Mioma Uteri akan menyusut karena penurunan kadar estrogen. Satu dari tiga wanita memiliki Mioma Uteri pada usia yang sama, yaitu di antara usia 30-50 tahun.

Mioma Uteri lebih sering muncul pada wanita dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas. Dengan meningkatnya berat tubuh, hormon estrogen di dalam tubuh juga akan meningkat. Selain itu, faktor keturunan juga berperan dalam kasus Mioma Uteri. Wanita dengan ibu dan saudara perempuan yang pernah mendapatkan Mioma Uteri akan cenderung memiliki Mioma Uteri.

Beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko munculnya Mioma Uteri adalah menstruasi yang dimulai terlalu dini, banyak mengonsumsi daging merah dibandingkan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Risiko seorang wanita mengalami Mioma Uteri akan menurun setelah melahirkan anak. Risiko itu akan semakin kecil jika memiliki lebih banyak anak.

Diagnosis Mioma Uteri

Mioma Uteri terkadang didiagnosis secara tidak disengaja ketika Anda melakukan pemeriksaan ginekologi, melakukan tes, atau pencitraan tertentu. Hal ini terjadi karena Mioma Uteri seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Jika Anda mengalami beberapa gejala Mioma Uteri dan berlangsung cukup lama, segera cari tahu penyebabnya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani pemindaian ultrasonografi (USG) untuk memastikan diagnosisnya atau mencari tahu penyebab kemunculan gejala yang Anda alami.

Bagiamana Cara Mengatasi Mioma Uteri

Cara mengatasi penyakit Mioma Uteri yang bisa anda lakukan sekarang yaitu dengan melakukan pengobatan yang alami dan tradisional, mengapa harus dengan pengobatan alami? Karena jika anda memeriksa penyakii kepada dokter maka dokter menyarankan anda untuk melakukan operasi, sedangkan biaya untuk operasi Mioma Uteri sangatlah mahal dan tidak terjamin aman bagi tubuh, Untuk itu kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi Obat Mioma Uteri herbal yang terjamin aman dikonsumsi tanpa menyebabkan efek samping apapun, Obat herbal yang bisa anda konsumsi yaitu dengan rebusan kulit manggis dan daun sirsak, atau menggunakan khasiat dari keunggulan hewan laut yaitu teripang emas, yang sangat dikenal bagus dan ampuh atasi penyakit Mioma Uteri.

Mungkin itulah artikel tentang “Mengenal Lebih Jauh Tentang Mioma Uteri” yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa membantu anda dalam menyembuhkan penyakit yang sedang anda derita sekarang ini, Salam sehat selalu 🙂


Leave a Reply